Viewfinder

Viewfinder (dalam bahasa Indonesia), ya kata tersebut dapat dikatakan sebuah istilah dalam fotografi. Viewinder merupakan sebuah kotak kecil untuk ‘mengintip’ ketika kita hendak memoto sebuah objek. Menurut Wikipedia, Jendela bidik (en:viewfinder) adalah jendela kecil pada kamera untuk melihat object yang akan diambil oleh fotografer, object yang tampak pada viewfinder sesuai dengan kenyataan dan hasil yang ada di viewfinder pula yang akan tercetak di film. pada kamera fotografi profesional, di dalam viewfinder juga terdapat titik fokus dan pengukuran cahaya sehingga fotografer dapat melihat apakah gambar yang dihasilkan memiliki cahaya yang cukup dan ketajaman gambar yang pas. (http://id.wikipedia.org/wiki/Jendela_bidik)

Di sini saya tidak akan membahas lebih lanjut soal ‘viewfinder’ ataupun hal-hal lain yang berkaitan dengan fotografi baik istilah, sejarah ataupun soal teknis karena saya bukanlah ahlinya di bidang ini. Kalupun seandainya suatu saat nanti terjadi, ya anggap saya saya ‘khilaf’. Kalau pun saja ada yang membuka katagori ini dalam blog saya dan menjadi bahan bacaan ya saya ucapkan terima kasih.

Nah, ‘viewfinder’ ini saya jadikan salah satu katagori di blog saya, ya karena saya suka dengan fotografi. Kalau boleh ‘flash back’, saya mulai suka fotografi ketika saat saya diajak teman saya melihat pameran foto di sebuah (bias dibilang) café di daerah Pringwulung, Sleman, Jogja. Ketika saat itu, saya masih pertengahan masa-masa kuliah (sekitaran tahun 2006 atau 2007an, saya lupa pastinya). Dan mulai saat itu saya suka dengan fotografi walaupun pada awalnya hanya sekedar melihat pameran fotografi. Selang beberapa tahun, saya diberikan sebuah kamera oleh ke dua orang tua saya, itupun bukan milik pribadi tetapi milik bersama dengan adik-adik saya. Mulai saat itu saya mulai mencoba memoto apapun dikala saya senggang dan tentunya ketika kamera tersebut sedang tidak dipakai oleh adik-adik saya.

Sepertinya sudah cukup ya ‘flash back’nya, dalam katagori ini saya akan mencoba memasukan beberapa hasil ‘jepretan’ saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s