Sejarah Laziale Jogjakarta

Sepak bola (dalam hal ini klub) dan fans/supporter itu hal yang tidak bisa dipisahkan, ada fans tentu ada klub yang disukai. Fans ini bukan hanya satu atau dua orang saja, lebih dari itu. Tak heran jika ada beberapa fans yang merasa ‘satu bendera’ (sama-sama menyukai klub yang sama) berkumpul membentuk sebuah komunitas (fans club). Fans cluleh klub ini tidak jarang diakui langsung oleh klub yang bersangkutan (official) yang tersebar di setiap negara atau bahkan setiap daerah di negara tersebut. Sebuah fans club (menurut saya) sudah atau belum diakui (official) bukanlah suatu masalah, yang terpenting bisa berkumpul dengan sesama fans.

Begitu pula dengan LAZIO, sebuah klub yang berkompetisi di Serie A Italia memiliki fans club di Indonesia dengan nama Lazio Indonesia. Lazio Indonesia ini berpusat di Jakarta dan memiliki beberapa regional, salah satunya Lazio Indonesia Region Jogjakarta. Sedikit flashback, saya bisa dibilang ikut ketika kopdar pertama (kopi darat). Kopdar pertama itu, sekaligus futsalan perdana dilaksanakan di Pelle Futsal, Babarsari. Ketika kopdar itu (berkas broatcast sms), saya belum mengenal siapapun dan yang datang baru sekitar belasan Laziale. Mengenai siapa inisiator pertama yang menggumpulkan Laziale di Jogja itu adalah seorang kawan, sebut saja namanya Mono. Yah, bisa dikatakan (lagi, menurut saya) kawan Mono merupakan foundingfather-nya Lazio Indonesia Region Jogjakarta. Soal kronologi terbentuknya Lazio Indonesia Region Jogjakarta, ini ada sedikit cerita langsung dari kawan Mono yang saya copas dari suatu link:

Sejarah Laziale Jogjakarta
Lazio Indonesia Region Jogjakarta..

Kebetulan saya adalah salah satu pelopor berdirinya Lazio Indonesia Region Jogjakarta (selanjutnya disebut LIRJ), izinkan saya untuk urun cerita dalam forum ini.

Awal mula adalah kunjungan saya ke forum (waktu itu) lazio-indonesia.com, melihat-lihat komunitas laziale yang ada di indonesia. Saya melihat ada beberapa orang yang mengajak untuk kopdar sesama laziale di kota jogjakarta. Yang paling saya ingat adalah steflaziale, alias Stefanus Aji (ketua LIRJ pertama kali), yang juga mengajak kopdar namun tak ada tanggapan berarti dari pengunjung lain. Tanggapan dari member lain hanyalah seperti “ayo..”, “mari ditunggu kabarnya”, dan semacamnya.

Dengan segala penasaran saya, saya memutuskan mengontak satu persatu member yang ada di thread jogja itu plus hunting di friendster (socmed waktu itu) dengan fungsi search dan dengan query favorite Lazio / Laziale.

Banyak sekali data laziale yang saya dapatkan, saya message satu persatu. minta kontaknya dan saya ajak untuk kopi darat.

Akhirnya saya buat undangan untuk futsal sekaligus kopdar laziale jogja yang pertama di blog saya waktu itu..

Quote:Lazio Jogja Futsal Invitation

dimana?
Pelle Futsal depan hotel sahid deket atma babarsari

kapan?
Sabtu, 01 November 2008

Jam?
Jam9-10 pagi

Kok satu jam aja?
Mahal euy kalo malam, lagian belum tentu datang semua

Siapa aja yang ikut?
Siapa aja yang suka Lazio, ga mesti bisa futsal kok, yang penting kebersamaan

Konfirmasi?
Komen kesini aja

Forza Lazio!

Dengan segala risiko tidak ada orang yang datang, saya kebetulan sudah survey laziale yang ada disekitar saya sendiri. dari teman SMA sampai teman Kuliah. Alhamdulillah ada 5-6 orang yang ketemu, dan mau ikutan. Saya juga mengajak teman lain yang mau futsal saja, biar ga nombok ongkos saja Smile

Alhamdulillah ketika acara berlangsung, ada lebih dari 10orang yang hadir pada tanggal 1 November 2008, yang sekaligus jadi tanggal lahir LIRJ.

Setelah beberapa kali event olahraga (futsal, badminton, sepakbola, renang), serta kedatangan dari keluarga Lazio Indonesia Jakarta (Om Johan, Gerry, Idung Yanuardi, dll) dan beberapa kali rapat, ditentukan ketua LIRJ yaitu saudara Stefanus Aji Herdana dan saya sendiri Mochammad Sudharmono sebagai (ceritanya) sekjen.

Itu lah sekiranya sekilas cerita dari LIRJ, semoga berkenan..

Sumber: http://forum.lazioindonesia.com/showthread.php?tid=102

Akhir kata, thanks buat kawan Mono plus Kareg Lazio Indonesia Region Jogjakarta yang pertama, kawan Aji

Saluta LI Jogjakarta

FORZA LAZIO

(Lazio Indonesia Region Jogjakarta >> FB:

Leave a Reply

