Bukan Sekedar Jalan-Jalan Biasa

10383493_10203911967023913_7555149350116397703_n

Akhir bulan yang lalu (Mei) saya dan beberapa teman Laziali Jogja mengadakan perjalanan cukup jauh sesalah satu kota di daerah Jawa Timu, Kota Batu Malang. Sudah cukup lama rencana ini diobrolkan tetapi baru fix jadi menjelang hari keberangkatan yang sudah direncanakan sejak awal.
Kami ke Kota Batu, Malang bukan hanya sekedar jalan-jalan biasa tetapi juga untuk berpartisipasi di event besar komunitas fans club, LAZIO INDONESIA yakni GATHERING NASIONAL. Awalnya kami ragu, masih belum ada kepastian untuk ikut berpartisipasi tetapi mengingat event tersebut event besar dan penting, akhirnya kami memutuskan untuk berangkat.
Gathreing Nasional ini bukan hanya sekedar ajang kumpul-kumpul biasa, silaturahmi tetapi ajang untuk membawa komunitas ini ke arah yang lebih baik karena inti Gathering Nasional ini adalah pembahasan AD/ART dan pemilihan Presiden periode berikutnya. Dari awal, di media social komunitas sudah ramai dibincangkan mengenai event ini, beberapa ada yang menanyakan acara jalan-jalan ke daerah wisata sekitar tempat penyelenggaraan dengan (mungkin) melupakan inti dari event tersebut.
Kami (perwakilan Laziali Jogja) berangkat menuju Kota Batu, Malang Sabtu malam menggunakan satu mobil, berkendara dengan santai mengingat masih panjangnya waktu yang kami punya. Selama dalam perjalanan pun, selain obrolan santai dan bercanda, diselipkan obrolan (sedikit) serius mengenai event tersebut, membahas apa yang akan diwacanakan, dibahas ketika pembahasan AD/ART dan membahas mengenai calon-calon Presiden , siapa yang menurut kami cocok untuk mengkoordinir komunitas ini, yak arena ini bukan sekedar jalan-jalan biasa.
Kami tiba dilokasi penyelenggaraan sekitar jam 6 pagi, lokasi masih sepi belum ada peserta lain dan baru sedikit panitia. Bagi saya, hal itu tidak masalah toh tujuannya hanya ingin memastikan dimana letak pasti penyelenggaraan event tersebut. Setelah itu, selagi masih ada waktu kami mutar-mutar keliling kota untuk menikmati jalan-jalan ini sembari mencari penginapanan untuk beristirahat.
Kalau dihitung hanya ada beberapa lokasi yang kami kunjungi di luar lokasi event Gathering Nasional, yakni Pasar Songgoriti, dekat lokasi event untuk sarapan, alun-alun Kota Malang untuk mencari informasi penginapan, Bakso Presiden untuk makan siang dan hari ke dua ke Malang Town Square (kalau tidak salah) untuk sekedar mutar-mutar dan salah satu rumah makan dekat salah sau universitas (kalau tidak salah UMM)

10390484_10202309111232557_7904020407132639564_n 10325732_10202309128712994_7584190817559119562_n

Balik ke acara Gathering Nasional, acara inti yakni pembahasan AD/ART dan pemilihan Presiden diadakan selepas mahgrib pada hari pertama. Kami dating terlambat karena semua bangun siang telat karena cukup letih setelah perjalanan (cukup) jauh dari Jogja. Kami melewatkan pembahasan tata tertib pembahasan Ad/ART tetapi masih bisa mengingkuti pembahasan AD/ART.
Kami dari awal memang meniatakan hanya mengikuti acara ini tetapi bukan berarti menyepelekan acara yang lain. Ketika pembahasan AD/ART banyak dinamika yang terjadi selayaknya pembahasan AD/ART organisasi yang pernah saya ikuti. Adu argument, interupsi saling silih berganti. Dalam pembahasan AD/ART, kami (Laziali Jogja) cukup vocal (mungkin efek ‘ketularah’ orang-orang lama yang dulu ada di Laziali Jogja). Dalam pembahasan AD/ART cukup banyak terjadi perubahan, penambahan aturan disbanding AD/ART sebelumnya.
Saya, secara pribadi bisa dikatakan cukup puas dengan hasil AD/ART walaupun ada beberapa yang belum terlalu cocok dan lupa untuk dibahas tetapi dari segi proses kurang puas, karena hanya beberapa orang saja yang sering bersuara (kritis) dan durasinya sangat cepat. Saya mulai kehilang mood ketika ada seseorang berkata (intinya), “Ini sudah malah, tolong ditahan ego ngomongnya”. Dalam hati ini berkata, “Heh?I Terus?! Kalau sudah ngantuk, keluar aja dari ruangan. Berkorban sedikitlah demi kemajuan komunitas.” Dan, benar tidak lama setelah itu pembahasan AD/ART selesai dan dilanjutkan pemilihan Presiden.

10372579_10203911967703930_6632764777059586087_n
Ketika semua acara inti selesai, ketika perjalanan pulang ke penginapan, kami masih ada sedikit orbolan mengenai acara inti tersebut, untuk bahan evaluasi kami sendiri dan juga untuk ke depannya.
Semoga saja apa yang telah dibahas dalam pembahasan AD/ART tidak menguap begitu saja dapat direalisasikan dan Presiden yang terpilih (serta semua pengurusnya, siapapun mereka) bisa membawa komunitas ini lebih baik lagi.
Kami pulang kembali ke Jogja sore ke esokan harinya dan sampai di Jogja subuh hari berikutnya,. Dan, akhirnya bukan sekedar jalan-jalan biasa ini berakhir ini selesai..