Sekilas tentang Asas Hukum (3)

26. “Nemo Judex Idoneus In Propria Causa” : seorang Notaris tidak diperbolehkan membuat akta untuk kepentingan diri sendiri.

27. “Actor Sequitur Forum Rei” : Gugatan diajukan di tempat tinggal tergugat. (Hukum Acara perdata)

28. “Exceptio Plurium Litis Consortium” : Pihak lawan mengkehendaki ditariknya pihak lain (pihak ketiga) untuk berperkara. (eksepsi)

29. “Secundum Allegat Iudicare” : Hakim dalam (hukum) acara perdata bersifat pasif; maksudnya para pihaklah (penggugat dan tergugat) yang membuktikannya

30. “Judex Ne Procedat Ex Officio” : Dimana tidak ada gugatan, tidak ada hakim. (Hukum Acara Perdata) Dalam hal ini, kekuatan pembuktiannya pada perkara perdata ada pada para pihak yang berperkara (penggugat dan tergugat).

31. “Actus Dei Nemini Facit Injuriam” : Seseorang tidak dapat diminta kerugian/pertanggung jawaban atas sesuatu yang murni terjadi karena kecelakaan.

32. “Equitas Squitur Legem” : Keadilan mengikuti hukum; keadilan itu ada dalam hukum tersebut.

33. “Actori In Cumbit Probatio” (Hukum Acara Perdata), “Actori Onus Probandi” (Hukum Acara Pidana), “Actore Non Probante, Reus Abstolvitur” : Siapa yang menggugat, yang harus membuktikan; Jika tidak dapat membuktikan, terdakwa harus dibebaskan.

34. “Negativa Non Sunt Probanda” : Membuktikan sesuatu yang negatif itu tidak mungkin (tentang beban pembuktian), misalkan pembuktian terbalik pada kasus korupsi (tentang beban pembuktian).

35. “Fides Etiam Hosti Servanda” : Itikad baik harus tetap ditujukan kepada pihak lain dengan dasar kemanusiaan. (dalam hal Hukum perang)

36. “Res Inter Alibs Acta” : perjanjian tidak mengikat pihak ketiga. (sama halnya dengan asas Pacta Sunt Servanda)

37. “Pacta tertiis Nec No Cent Nect Prosunt” : Hak dan kewajiban yang timbul ada pada para pihak bukan pada pihak lain (pihak ketiga); perjanjian tidak menimbulkan hak dan kewajiban pada pihak lain (pihak ketiga)..

38. “Exceptio Adimpleti Contractus” :¬† Tidak berprestasinya pihak lawan karena pihak lain juga tidak berprestasi.

39. “Par In Parem Inhebet Imperium” : Seorang Kepala Negara tidak dapat dihukum dengan/menggunakan hukum negara lain.

40. “Nullum Delictum, Nolea Poena Sine Lege Parevia” : Tidak ada pidana tanpa undang-undang.

41. “Presumption of Innocent” : asas paduga tak bersalah.

42. “Nova Constitutio Futuris Formam Imponere Debet Non Praetetitis” : Undang-undang yang baru berlaku ke depan pada saat diundangkannya, tidak untuk masa yang lalu. (tidak berlaku surut, non rectoactive)

43. “Ex Aeqou Et Bono” : Mohon putusan yang seadil-adilnya.

44. “In Dubio Pro Reo” : Jika terdapat keragu-raguan, harus diputus putusan yang menguntungkan/meringankan.

45. “Lex Favor Reo” : Jika terdapat perubahan perundang-undangan maka harus menggunakan perundang-undangan yang menguntungkan/meringankan.

46. “Reformatio In Melius” : Peninjauan Kembali (PK) harus menguntungkan terpidana.

47. “Ne Bis In Idem“; “Double Jeopardy” : Seseorang tidak dapat dituntut lebih dari satu (kali) di muka pengadilan atas perkara yang sama; tidak dapat dituntut yang kedua kalinya pada perkara yang sama.

48. “Moneat Lex Prius Quam Feriat” : Undang-undang hari memberi peringatan terlebih dulu sebelum merealisasikan ancamannya.

49. “Exeptio Format Regulam“, “Exeptio Frimat Vim Legis In Calibus Non Exceptis” : memberi eksepsi karena terdapat ketidak sesuaian antara judul bab dengan isi bab.

50. “Actio Libera In Causa” : Keadaan tidak sadarkan diri karena perbuatan/buatan bukan merupakan alasan pemaaf.

51. “Persona Standi In Judicio” : setiap orang dapat berperkara, misal karena seseorang menuntut di pengadilan maka dirinya harus bisa membuktikan bahwa dirinya menderita kerugian )legal standing).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s